Rabu, 22 Desember 2010

Fungsi Web dan informasi

Apa sihc internet itu ?Internet adalah kumpulan dari jutaan komputer di seluruh dunia yang terkoneksi antara yang satu dengan yang lain. Dimana – mana sudah di anggap sebagai kebutuhan. banyak sekali yang kita bisa dapatkan dari internet seperti informasi-informasi yang terkandung dalam sebuah web !!! Lalau apa fungsi dari sebuah web ??
1.Web sebagai wadah penyedia informasi dimana ini di gunakan sebagai sebuah sarana pendukung promosi.di bandingkan melalui brosur atau iklan di tv web sangat lah murah dan terjangkau dimana media promosinya punlebih luas.
2.Mempermudah sebuah komunikasi dimaa ini juga berguna sebagai sarana komunikasi dan ajang interaksi dengan orang lain.
3. Berinteraksi
Website dapat dijadikan ajang interaksi dengan para pengunjung website antara lain dapat dijadikan ajang jual-beli, forum diskusi, upload/download file dan lain sebagainya. Jadi disini fungsi website bukan hanya sebagai wadah penyedia informasi saja.
Tujuh alasan mengapa saat ini website perlu dimiliki antara lain adalah :
1. Menghemat uang dalam advertising.
Anda tidak perlu membayar mahal untuk sebuah iklan atau mengeluarkan biaya tambahan untuk pembuatan sebuah brosur dan menyebarkannya. Cukup hanya dengan mengiklankan alamat website kemudia memasukkan informasi bisnis ke dalam website.
2. Menghasilkan uang melalui toko online.
Dengan semakin banyaknya pengguna internet saat ini maka jalur distribusi suatu barang dapat dilakukan melalui internet. Pengunjung dapat langsung membeli produk yang dijual melalui internet.
3. Kemudahan dalam penyampaian pesan.
Melalui website pesan informasi bisnis dapat disampaikan lebih mudah dan up to date.
4. Menghemat dalam komunikasi.
Informasi mengenai produk baru dapat secara mudah dikirim kepada customer melalui email dan website.
5. Peluang mendapatkan customer lebih besar.
Jangkauan klien bertambah, tidak hanya lokal, tetapi nasional bahkan pasar global.
6. Mempunyai image lebih profesional.
7. Menghemat waktu.
Ada beberapa saran dalam pembuatan suatu website. Langkah awal dalam pembuatan website adalah dengan menjawab pertanyaan dasar yaitu “Apa tujuan website dan mengapa oranglain perlu mengunjungi website anda?”
Sebuah website pertama-tama harus dipandang sebagai urusan media komunikasi dan bukan urusan teknologi. Namun bukan berarti teknologi tidak menjadi penting. Teknologi memiliki posisi sebagai penopang, sebagai kerangka bangunan website. Tujuan, sasaran dan fungsi website jangan sesekali dimulai dari kemampuan teknologi. Tetapi sebaliknya teknologi harus tunduk pada tujuan, sasaran dan fungsi yang diharapkan dari website. Sebagai contoh adalah sebuah website yang menampilkan begitu banyak multimedia tetapi informasi yang diharapkan malah tidak ditampilkan secara mendetil, sedangkan tujuan website tersebut adalah media informasi.
Sebuah artikel memaparkan beberapa faktor yang dapat mempengaruhi kesuksesan dari suatu website antara lain adalah
1. Desain Website.
Desain website harus kelihatan menarik namun sesuai dengan tujuan website yang dibangun. Image positioning, navigasi yang mudah dan tidak membingungkan, materi yang jelas namun tidak membosankan serta faktor kecepatan mengakses website merupakan hal-hal yang perlu diperhatikan.
2. Content/Isi Website
Isi harus sesuai dengan tujuan website, selain itu berikan hal-hal yang dapat membuat pengunjung website proaktif, misalnya dengan fasilitas download, games, forum atau survey dan lain-lain.
Selain kedua hal di atas masih banyak sekali faktor-faktor yang dapat mempengaruhi kesuksesan suatu website..

0 komentar:

Posting Komentar